Galaunya kalau Mamah sakit.

Jumat, 20 April 2012


jam 1 malam, seperti biasa  Nunu masih belum tidur, Mamah keluar kamar, dan bilang "Aduh Nu lieur teu bisa sare!!!" .  kemudian Mamah masuk kamar udah gitu keluar kamar lagi, bolak-balik kamar mandi dan bikin panik.. "Pa..pangnensikeun!!!  Bapakku yang super kalem dan sabar itu langsung ambil tensian dan emang iya, tekanan darah Mamah tanggal 21 April i itu tinggi 180/100.., Bapak langsung ambil jaket "Hayu atuh Bu, urang ka rumah sakit weh".
"Abi ngiring Pak!!" kataku.

@ UGD-Al-Ihsan Bandung
Mamah terus   berdzikir, dari sepanjang perjalanan sampai sekarang mau masuk pintu utama, Mamah membaca do'a, untuk mengalihkan sakitnya, wajah Mamah udah pucet banget, ya khawatir juga, karena Mamah sering banget keluar masuk rumah sakit  "Mah, bade nganggo korsi roda?"
Mamah: "Huuus, gandeng Nu, papah weh".
Nunu: "Bisi, we Mamah lieur, ke di dorong ku Nunu"
perasaan waktu itu bingung, campur sedih, campur pengen nangis tapi ya di tahan aja, malahan Nunu ngegaje melakukan sedikit kekonyolan biar sugestinya ga sedih..dan walhasil berhasil lah, satu-satunya pasien yang bisa ketawa waktu itu cuman Mamah doank..

mungkin ini terlihat sedikit lebay, Nunu usap-usap Mamah, pakein koskaki, dan nepok-nepokin pantatnya Mamah..
"Si Nunu mah, meuni jiga ka budak leutik wae"
"Keun atuh Mah..."
"Udah ah Nu getek..tong diusapan Mamahna.."
Nunu juga ga tau ya, kenapa Mamah ga mau Nunu usapin, mungkin karena Mamah ga mau sedih kali ya..Tiba-tiba pasien disebelah meraung-meraung..pasiennya udah aki-aki dan ngomel terus kerjaanya ekspresi Mamah waktu itu jadi sedikit negatif..kayaknya kebawa sugesti yang aneh-aneh.

"Entos mah tong ditinggali jeung tong didangukeun"


tiba-tiba pasien sebelah Mamah nanya..
"Neng kunaon"
"Ieu Bu Hipertensi, arti Ibu kunaon"
"Asam urat Neng tos ngarambet tadi teh," sambil nangis
"Innalillahi, sing enggal damang atuh Bu..sing sabar weh"

ada sekitar 6 pasien di UGD waktu itu, kalau yang aki-aki Nunu ga berani nanya, soalnya sama perawatnya Abah aki itu marah terus, ya mungkin karena lagi sakit bawaannya sensitif. suaranya pun stereo abis..
"Aduuh, awak urang ringseuk kieu...geus teu kuat ieu mah"
sementara keluarganya yang lain bisik-bisik sambil bilang sabar Bah sabar
"Enya ieu Oge geus sabar..meuni lila deuih Dokter teh kamana heula???"


emang iya, penanganannnya emang sedikit lama, analisa Nunu sih dokter yang jaga cuman satu orang, apalagi udah malem, jadi lumayan kerepotan buat menangani pasien, kayaknya di UGD itu dokternya kurang teh, jadi kasian dokternya, bolak-balik dari pasien satu ke pasien yang lain..

dan pada akhirnya, kita semua disuruh pulang ke rumah, soalnya rumah sakit udah penuh, jadi ga ada space buat tambahan pasien, tapi seperti biasa Abah Aki itu agak sedikit protes..
"Urang teh geuring, jeung dititah balik sagala, kalem weh atuh dokter sabaraha sih duitna? da pasti dibayar"
Nunu ketawa cekikikan aja, soalnya logatnya yang ga jelas karena giginya udah ompong, pikaseirieun... hahahha.. Mamah juga ketawa , sambil negur Nunu, yang kelepasan ngakak,,di UGD.

Yah, bersyukur banget Mamah akhirnya bisa pulang, dan sedikit membaik, Mamah bisa tidur nyenyak lagi, semoga mamah cepet sehatnya, dan rajin olahraga, soalnya mamah juga bilang, sering sakit karena jarang olahraga, so buat Ibu-ibu, BApak-bapak ataupun anak muda sekalian yang baca postingan saya, sebaiknya ya sempatkan olahraga, kurangin makanan yang enak-enak tapi beresiko, hindari stess dan negatif thinking, hindari juga rasa khawatir berlebihan karena kesehatan adalah aset yang tidak bisa dibeli oleh uang.

ternyata sakit Hipertensi itu, serangannya bisa terjadi kapan aja, secara tiba-tiba ga bisa dipresiksi dan direncanakan,  jujur Nunu ga mau Mamah begini terus..dan Nunu paling ga tega  kalau liat obat yang harus Mamah minum banyak banget, ya Alloh sehatkan ke-dua orang tua hamba, beri semangat untuk berusaha sembuh, beri karunia sabar dan ikhlas, untuk semuanya.. aamiin. get well soon Mom.. we love you..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 MIRROR | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks | Powered by Blogger