Cara Jitu Membina Masa Depan

Minggu, 07 Agustus 2011


Bagaimanakah caranya menjadi orangtua yang bahagia? Gaya hidup yang sistematis dan punya kebiasaan giat menabung pada masa muda, bisa membuat hari tua bahagia dan benar-benar bisa dinikmati. Simak cara jitu ini terutama bagi Anda yang baru saja menempuh hidup baru.

Cara pertama
 Mengelola penghasilan secara terencana dan sistematis. Misalnya, jumlah penghasilan Anda sebulan, sebaiknya 40% buat biaya hidup sehari-hari, dan 60% ditabung. Ini harus dibiasakan sejak Anda pengantin baru sampai lima tahun ke depan. Jika punya anak pada waktu tersebut, masih bebas dari biaya pendidikan.
Untuk lima tahun kemudian, 60% penghasilan dikeluarkan buat biaya hidup sehari-hari dan sisanya ditabung. Sebab, pada tahun-tahun ini anak mulai sekolah. Secara ekonomis, jika harus punya anak lagi sebaiknya setelah anak pertama berusia lima tahun.

Cara 2
 Jika Anda tinggal dengan orangtua/mertua, uang yang semestinya untuk mengontrak rumah, bisa Anda tabung untuk persiapan membeli tanah atau rumah. Dan bila dana itu sudah terkumpul, sebaiknya Anda segera membeli tanah atau rumah sebagaimana yang Anda cita-citakan.
Namun, jika Anda hendak membangun rumah sendiri, perencanaan haruslah matang. Jangan sampai setengaj-setengah, yang bisa menyebabkan kehabisan dana. Harus pula berpedoman, “membangun sekali jadi”.

Cara 3
 Jangan buru-buru membeli mobil. Memang, kendaraan sangat penting sebagai penunjang aktivitas kerja dan lainnya. Namun, sebaiknya harus dipertimbangkan secara efektif dari segala sisi perawatannya, tentu tak sedikit memerlukan biaya yang harus dicadangkan setiap bulannya.
Kalau ada sarana angkutan umum yang cukup memadai, kenapa tak dimanfaatkan? Tak perlu membeli mobil. Dana untuk membeli kendaraan tersebut bisa ditabung. Bunganya bisa buat ongkos angkutan umum sehari-hari. Biaya transportasi di Indonesia relatif murah dibanding biaya merawat mobil pribadi.
Bila banyak orang lebih memilih menggunakan angkutan umum, berarti ada usaha menghemat bahan bakar, mencegah kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. Aktivitas kehidupan akan terasa lebih lancar sekaligus menyelamatkan lingkungan dari pencemaran.. Dengan demikian, harapan hidup pun bisa lebih panjang dan sehat.

Cara 4
 Menanamkan kedisiplinan hidup dalam keluarga, juga amat bagus. Misal saja menanamkan disiplin kerja, belajar, kegiatan sosial adalah modal menuju pada kondisi kesehatan yang prima. Datangnya penyakit karena tidak disiplinnya seseorang dalam menjalanin hidup.
Jika seseorang hidup secara disiplin, niscaya ia pun relatif hemat dalam menggunakan uangnya. Pnyakit-penyakit berat seperti kencing manis, jantung, darah tinggi (hipertensi) dan berbagai penyakit kanker, sering bermula dari pola hidup yang tak teratur. Khususnya dalam menyeleksi makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.
Pola makan empat sehat lima sempurna amat perlu ditradisikan di rumah agar tak memiliki kebiasaan makan di luar, yang cenderung mengandung kolesterol, MSG (vetsin/penyedap rasa) dan zat-zat kimia yang dapat mengurangi kesehatan tubuh. Selain itu, dari sisi keuangan juga tak menguntungkan.


http://www.f-buzz.com/2008/05/16/cara-jitu-membina-masa-depan/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 MIRROR | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks | Powered by Blogger