Tentang perempuan

Senin, 01 Agustus 2011


"Rasulullah bersabda:" sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalehah (HR. Ruzain)
"sebaik-baiknya perempuan kalian adalah yang paling subur dan mencintai suaminya serta perempuan yang taat kepada suaminya dalam hal-hal ketaatan kepada Allah. dan sejelek-jelek perempuan kalian adalah perempuan yang memamerkan diri dan sombong. mereka tidak akan masuk syurga kecuali jika seperti burung gagak putih kedua sayap dan kakinya." (Hadits shahis Al-Baihaqi dalam kitab As-Sunan)


Rasulullah bersabda:
"sebaik-baik wanita adalah yang jika engkau melihatnya, akan membahagiakan dirimu, jika engkau memerintahnya akan mentaatimu, dan jika engkau tidak berada disampingnya ia akan menjaga hartamu dan dirinya sendiri." (HR.Ibnu Jarir dan Nasa'i dari Abu Hurairah ra. Hadits Hasan)


Nasihat seorang Ibu kepada putrinya

diceritakan oleh Imam Ghazali dalam kitabnya, Ihya' Ulumuddin, IV/163. yaitu pesan Asma'binti Kharijah kepada putrinya pada malam pengantin , dimana ia berkata:
"Wahai putriku, sesungguhnya engkau akan keluar dari tempat dimana engkau dibesarkan dan diasuh, menuju ke tempat tidur dan yang belum pernah engkau tahu sebelumnya dan teman hidup yang belum begitu dekat dengannya.

jadilah engkau bumi baginya, niscaya dia akan menjadi langit bagimu.

jadilah engkau hamparan tanah yang luas dan rata baginya, niscaya dia akan menjadi tiang bagimu. 

jadilah engkau budak baginya, niscaya ia akan menjadi budak bagimu.

janganlah engkau menuntut banyak hal dan terus menerus, sehingga dia akan membencimu.

janganlah engkau menjauh darinya, sebab dia akan melupakanmu.

jika ia mendekatimu, maka dekatkanlah dirimu kepadanya. Dan jika ia menjauh darimu, maka menjauhlah darinya.

peliharalah hidung, telinga, dan pandangannya, sehingga dia tidak mencium dari sesuatu melainkan aroma yang wangi, dan tidak mendengar ucapan darimu melainkan hal yang indah-indah, serta tidak melihat sesuatu darimu melainkan yang menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012 MIRROR | Template Design by Favorite Blogger Templates | Blogger Tips and Tricks | Powered by Blogger